Tips Memasak : LONTONG ENAK DAN TAHAN LAMA

sumber :
http://resepcaramemasak.org/membuat-lontong-daun-pisang

Lontong adalah makanan yang tidak pernah ketinggalan pada saat hari lebaran, yang biasanya disajikan bersama Ayam, Kentang Masak Santan, maupun Opor Ayam. Rasanya yang lembut dan dingin ketika dikunyah, memberikan sensasi rasa masakan tersendiri bagi penggemarnya.
Membuat lontong umumnya adalah dengan menggunakan pembungkus daun pisang, namun cara tradisional ini cukup sulit dan mebutuhkan pengalaman, karena seluruh langkah cara membuatnya harus pas. Jika tidak , maka lontong bungkus daun yang kita buat bisa tidak jadi, atau lembek dan mudah basi. Anda juga bisa mebuat lontong dengan bungkus plastik, namun rasanya tidak senikmat yang menggunakan daun pisang.
Tapi jangan khawatir, karena resep berikut dilengkapi trik yang akan menuntun Anda supaya bisa mebuahkan hasil yang sempurna.

  .
CARA MEMBUAT LONTONG DAUN PISANG YANG BAIK :

BAHAN - BAHAN :
  1. Daun pisang kepok atau klutuk yang cukupan, atau tidak terlalu tua atau muda. Kemudian jemur daun pisang atau dipanaskan di atas api agar agak layu, lap bersih, lalu potong-potong sesuai dengan ukuran lontong yang diinginkan, standarnya yaitu 30 x 20 cm.
  2. Beras yang berkualitas baik dan pulen (takaran sesuai kebutuhan) rendam dalam air dingin selama 1 (satu) jam atau lebih.
  3. Lidi untuk menyemat, bisa membuat sendiri dari kulit bambu atau lidi daun kelapa
  4. 1 (satu) lembar daun pandan atau secukupnya atau sesuai jumlah lontong
  5. Air panas dan dingin secukupnya


CARA MEMBUAT

  1. Ambil dua lembar daun pisang, gulung menyerupai silinder dengan bagian bawah daun pisang berada di dalam. Jika silinder sudah dirasa cukup ukuran dan posisinya rata dan lurus, semat salah satu ujungnya dengan lidi (buatlah beberapa sekaligus, sesuai kebutuhan ) 
  2. Isi silinder atau gulungan daun pisang yang sudah dibuat dengan beras yang sudah direndam dan tiris, dengan jumlah takaran setengah (1/2) gulungan. Semat ujung gulungan dengan lidi untuk menutupnya.
  3. Masukan bakal lontong ke dalam panci yang tinggi dengan posisi berdiri. Susun lontong di dalam panci tinggi dengan posisi berdiri. Tambahkan air dingin sampai bakal lotong ternedam dengan air seluruhnya. Masukan selembar daun pandan.
  4. Rebus dengan api sedang. Setelah 2 jam direbus, tambahkan air panas sampai lontong terendam kembali seluruhnya.
  5. Rebus lontong sampai memadat dan kenyal. Angkat lontong dan tiriskan dengan posisi berdiri dan diangin anginkan supaya dingin. Kalau ada gunakan wadah tiris yang terbuat dari anyaman bambu, kalau tida bisa menggunakan wadah plastik tiruan anyaman atau berlubang lubang.

Demikian resep cara membuat lontong daun pisang yang baik, sehingga hasilnya padat, kenyal, enak, beraroma daun pisang dan tidak mudah basi.

Anda ingin memesan Catering saat Lebaran nanti ? Kami akan membantu kebutuhan anda untuk area Bandung, Lembang, Villa Istana Bunga dan sekitarnya.

Hubungi kontak kami :
NURLELA CATERING - BANDUNG
Catering - Nasi Tumpeng - Prasmanan - Nasi Box

Rohen Satria
HP : 0897 001 0971 (WA)
HP : 0819 111 234 81 (WA)

email :
nurlelacatering@yahoo.com